Profile

Keberadaan komunitas NGO, merupakan elemen yang sangat penting menjadi mitra penyeimbang sekaligus pemantau dari proses hokum yang berjalan. Kekuatan NGO tentu saja akan sangat menggaung dan mampu melakukan perubahan jika didukung berbagai elemen penting lainnya, seperti kalangan kampus, jurnalis, komunitas miskin perkotaan dan elemen lainnya. Elemen-elemen ini merupakan peluang yang harus mengambil peran dalam pemberantasan korupsi. Tentunya banyak hal yang bias menjadikan elemen tersebut menjadi efektif dalam memposisikan dirinya sebagai mitra strategis penegakan hokum kasus korupsi


Kita sadari bahwa persoalan korupsi bukanlah persoalan satu, dua orang saja atau menjadi tanggung jawab sebuah organisasi saja tetapi menjadi persolan seluruh komunitas masyarakat bangsa.


Dengan kesadaran inilah, kita yang datang dari berbagai latar belakang pendidikan dan profesi merasa berkepentingan membentuk sebuah lembaga yang konsern terhadap issu korupsi. Tepatnya pada tanggal 26 Desember 1998 di deklarasikan berdirinya Anti Corruption Committee (ACC) Sulawesi.


Harapan dari hadirnya lembaga ini adalah bagaimana korupsi dapat kita tekan pada titik yang seminimal mungkin, bahkan dengan jargon “Membangun Gerakan Rakyat Anti Korupsi” kita sudah bertekad untuk bergandengan tangan dengan berbagai pihak untuk menghapuskan penyakit kronis di negeri para kleptokrat ini.


Kini sudah hampir masuk pada tahun ketiga ACC berkiprah di tengah masyarakat regional SulSel khususnya dan tingkat Nasional pada umumnya. Dalam limit waktu tersebut tidak sedikit yang telah dikerjakan oleh ACC, sejalan dengan itu pula dalam kinerjanya ACC masih menyisahkan berbagai kelemahan-kelemahan sebagai sebuah lembaga profesional yang handal.


Untuk itu tidak berlebihan dan tidak ada ruginya bila kita kembali duduk bersama, menyisihkan waktu barang sehari untuk membahas kembali arah gerakan ACC, berikut ini tersusun sebuah draf Scenario planing ACC kedepan, dan semoga semua pengurus ACC dapat memberi komentar dan masukan.

 
ACC Ingatkan Kajati Sulsel Penerima Korupsi Bansos Banyak Berkeliaran

ACC Ingatkan Kajati Sulsel Penerima Korupsi Bansos Banyak Berkeliaran

Anti Corruption Committee (ACC) Sulawesi menyayangkan sikap Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Selatan, Hidayatullah, atas pernyataannya yang mengatakan bahwa kasus dugaan korupsi Dana...

PRESS RELEASE

Berita Populer

Kantor

Address: Jalan A.P.Pettarani Ruko Pettarani Centre Blok A No. 17 Makassar
Telp/Faks: 0411 – 437312
Email: acc_sulawesi@yahoo.com kantor@acc-sulawesi.or.id
Web: www.acc-sulawesi.or.id