Aktivis Antikorupsi Desak Pansel Gugurkan 4 Capim KPK

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Anti Corruption Committee (ACC) Sulawesi dan Transparensy International Indonesia (TII) mendesak pansel capim KPK untuk menggugurkan empat nama 19 daftar nama yang lulus tahap seleksi selanjutnya.


PPATK menemukan empat nama yang lolos ke tahap selanjutnya terindikasi kadar penyimpangan. Namun PPATK tidak mempunyai wewenang untuk membeberkan empat nama tersebut.

Direktur TII Ilham mengatakan, pengumuman hasil seleksi tidak terlepas dari tiga hal yakni, figur bersih, bebas konflik kepentingan, kapabel dalam memberantas korupsi mencegah adanya konflik KPK.

“Kalau pansel tidak segera mengambil tindakan, maka kami khawatir kalau pansel terlibat dalam konflik politik dan menghambat orang orang yang bersih untuk masuk ke pimpinan KPK,” kata Ilham saat konferensi pers di Kantor ACC Sulawesi, Kamis (14/8).

Selain itu, Pansel Capim KPK harus memberikan penjelasan alasan gugurnya capim yang lain dan menjelaskan alasan lolosnya 19 capim KPK tersebut.

Sementara itu, aktivis ACC Sulawesi Farid Wajidi mengatakan, kalau pimpinan sudah terindikasi ada kadar penyimpangan, maka untuk ke depannya tidak ada lagi yang dapat dibicarakan.

“Pansel masih bisa me-review kembali nama-nama yang layak untuk memasukkan kembali ke capim KPK,” katanya.

Baik ACC maupun TII meminta pansel bekerja profesional, akuntabel dan transparansi serta tidak perlu terlibat berpolitik.

Pansel segera mencoret nama nama temuan PPATK terindikasi kadar penyimpangan. Dan menjelaskan secara terbuka ke publik tentang alasan penilaian meloloskan capim KPK terutama alasan meloloskan empat nama yang menjadi temuan KPK.

Kendati belum ada kejelasan empat nama transaksi yang mencurigakan dan terindikasi kadar penyimpangan, ACC TII memberikan penjelasan bahwa yang banyak terlibat dalam urusan pengelolaan aset, pengurusan kasus dalam instansi pemerintahan. Selanjutanya yang terlibat dalam pengeloaan perekonomian.

(muh fadly/why)

PRESS RELEASE

Berita Populer

Kantor

Address: Jalan A.P.Pettarani Ruko Pettarani Centre Blok A No. 17 Makassar
Telp/Faks: 0411 – 437312
Email: acc_sulawesi@yahoo.com kantor@acc-sulawesi.or.id
Web: www.acc-sulawesi.or.id