Pemkot Belum Serius Cegah Korupsi

PDFPrintE-mail

Lembaga Anti Corruption Committee (ACC) Sulawesi bersama Transparency International Indonesia (TII), menilai Pemerintah Kota Makassar tidak serius dalam melakukan pencegahan dan pemberantasan korupsi.


Peneliti ACC Sulawesi, Wiwin Suwandi menilai, ada beberapa catatan penting dari hasil penelitian ini. Diantaranya RAD, wajib dimiliki pemerintah kota sebagai blue print pola pencegahan korupsi melalui pembenahan sistem birokrasi dan sumber daya manusia.

Selanjutnya, publik masih menilai beberapa kebijakan sebagai kebijakan yang transaksional. Adanya keraguan publik terhadap skema proses lelang jabatan, dan pengelolaan APBD masih dilakukan secara tertutup sehingga sarat KKN.

"Semestinya publik Makassar memiliki hak mengakses anggaran melalui APBD," ujar Wiwin saat diskusi di Kafe dan Resto Silver Hawk, Jl Mapaodang, Kamis (8/10/15).

ACC merekomendasikan agar Pemerintah Kota Makassar, segera membentuk tim dan menyusun rencana aksi daerah, revitalisasi model pengawasan dan evaluasi dan menerbitkan rilis sendiri tentang potret pencegahan korupsi dalam indeks persepsi korupsi.

"Kami sudah rekomendasikan kepada Pemkot Makassar agar bentuk tim dan menyusun strategis pencegahan korupsi itu, " terang Wiwin.(Jay)

PRESS RELEASE

Berita Populer

Kantor

Address: Jalan A.P.Pettarani Ruko Pettarani Centre Blok A No. 17 Makassar
Telp/Faks: 0411 – 437312
Email: acc_sulawesi@yahoo.com kantor@acc-sulawesi.or.id
Web: www.acc-sulawesi.or.id