Press Realase SELEKSI CALON PIMPINAN KPK

Press Realase

SELEKSI CALON PIMPINAN KPK

(PANSEL JANGAN BELI KUCING DALAM KARUNG)

No.53/B/ACC-SULAWESI/VIII/2015)

Download PDF

Fase seleksi capim KPK saat ini tengah memasuki moment moment krusial, bebrapa waktu lalu atas penilaian pansel, 19 nama kemudian ditetapkan sebagai kandidat potensial yang dinyatakan lolos ketahap selanjutnya yaitu Tes kesehatan dan wawancara, nama nama yang harunya menyimpan asah dan arah pemberantasan korupsi . mengejutkan hasil tracking PPATK perihal calon pendaftar capim KPK, hasil pantauan PPATK menemukan bahwa terdapat 10 capim KPK terindikasi kadar penyimpangan yang sangat kentara, sialnya empat diantaranya masuk 16 nama yang dinyatakan lolos oleh Pansel Capim KPK ketahap selanjutnya, sekalipun hasil nama nama yang diloloskan oleh pansel ini diluar ekspektasi awal publik tentang nama yang sebelumnya diprediksi akan lolos, tapi lebih dari itu diujung usia kerja pansel yang hamper uzur ini, publik berkepentingan dari proses seleksi ini tidak lahir calon calon pimpianan KPK yang afilitif, baik ke kelompok partai poltik, bisnis dan kelompok kelompok lainnya yang rentan menjadi Aib dalam pemberantasan korupsi dimasa depan .

Sampai disini pansel harus lebih berhati hati dalam bekerja dan melihat secara utuh pemberantasan korupsi selama ini, tidak terkecuali membuka mata lebar lebar terhadap kelompok yang selama ini menjadi duri dan penghalang dalam upaya pemberantasan korupsi . Apalagi informasi nama nama capim KPK yang terindikasi kadar penyimpangan yang sangat kentara juga telah sampai ke meja pansel, namun tidak menjadi perhatian serius pansel, cilakanya lagi Pansel dengan sengaja mengenyampingkan semua temuan PPATK dan temuan masyarakat sipil. Bahkan public awam pun tahu bahwa capim KPK haruslah orang yang benar benar jujur, dan bersih dari tindakan dan perilaku curang (fraud), pilihan 19 nama ini harusnya bias dipertangungjawabkan pansel ke publik, termasuk alasan menyampingkan temuan PPATK tentang indikasi fraud Capim KPK, agar public benar benar yakin bahwa slogan indepensi, transparency akuntabel, dan bersih dari pesanan yang digembar gemborkan pansel dipahami oleh publik secara baik .

Pansel tidak bisa menyampaiakan temuan public terkait capim KPK yang “bermasalah” hal mana skema pelemahan terhadap kelembagaan KPK harus menjadi atensi serius, pansel harusnya bisa mengerti keresahan public, pemberantasan korupsi ini tidak boleh dipertaruhkan di meja perjuadian kekuasaan untuk memenangkan dan menguntungkan pihak pihak tertentu yang akan menggerogoti kelembagaan dan kinerja KPK

Secara garis besar setelah proses ini terbaca dalam benak public bahwa Pansel tengah terjebak dalam skenario zero sum game dengan memangkas empat orang terbaik dengan memasukkan actor bermasalah yang harusnya malah bisa digugurkan di tahap profile Assesment, ini disebabkan karna gagalnya deteksi dini atau malah tidak sadar tengah terjebak dengan skema Zero SumGame. Efek langsung dari Zero Sum game ini ini berpeluang memperburuk kelambagaan KPK dengan masuknya kuda troya yang akan melemahkan KPK. Berdasarkan hal tersebut sebagai kembaga yang konsern terhadap isu isu strategis pemberataan korupsi maka ACC Sulawesi dan Transparecy International Indonesia mendesak Pansel Capim KPK untuk :

1. Pansel lebih profesional dalam bekerja, termasuk tidak perlu berpolitik atau masuk dalam scenario Zerro Sum Game, terutama mengantisipasi calon yang berpotensi merusak kinerja kelembagaan KPK dimasa yang akan datang.

2. Pansel segera mencoret nama nama yang oleh temuan PPATK terindikasi kadar penyimpangan yang sangat kentara dan mengganti dengan Capim dari Tahapan sebelumnya.

3. Menjelaskan secara terbuka ke publik tentang alasan penilaian meloloskan capim KPK terutama alasan mengenyampingkan temuan PPATK dengan tetap meloloskan 4 (empat) nama yang terindikasi kadar penyimpangan oleh PPATK.

Demikian Realase ini, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih .

Makassar 12 Agustus

Hormat kami

ANTI CORRUPTION COMMITTEE SULAWESI

TRANSPARENCY INTERNATIONAL INDONESIA

 

PRESS RELEASE

Berita Populer

Kantor

Address: Jalan A.P.Pettarani Ruko Pettarani Centre Blok A No. 17 Makassar
Telp/Faks: 0411 – 437312
Email: acc_sulawesi@yahoo.com kantor@acc-sulawesi.or.id
Web: www.acc-sulawesi.or.id